ZONA INTEGRITAS MENUJU PUSZIAD YANG WBK & WBBM

Zona Integritas Menuju PUSZIAD Yang WBK ( Wilayah Bebas dari Korupsi) & WBBM (Wilayah Birokrasi. Bersih dan Melayani)
Home / Buletin Militer / RAPAT KERJA TEKNIS PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN DIREKTORAT ZENI ANGKATAN DARAT 2018

RAPAT KERJA TEKNIS PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN DIREKTORAT ZENI ANGKATAN DARAT 2018

Pembangunan kekuatan dan kemampuan Ditziad tahun 2018 disusun secara bertahap dan berkesinambungan agar sasaran yang ingin dicapai dapat terwujud secara efektif dan efisien. Namun tetap berpedoman pada Orgas Ditziad, Rencana Strategis (Renstra) Ditziad dan Kekuatan Pokok Minimum/Minimum Essential Force (MEF) harus dijabarkan dengan sistematis dan visioner secara integral. Kegiatan jangka sedang lima tahunan (Renstra) sampai dengan program tahunan yaitu Program Kerja dan Anggaran merupakan kegiatan tidak terpisahkan.

Tahun Anggaran 2018 merupakan tahun keempat dari Renstra Ditziad  TA 2015-2019 dimana keberhasilan dalam pencapaian program pada tahun ini sangat penting karena menjadi titik tolak keberhasilan tahun selanjutnya. Pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Ditziad harus disusun melalui proses selektif dan akurat dengan melihat kondisi di lapangan serta kebutuhan nyata satuan.Seluruh program kegiatan yang direncanakan harus dapat dilaksanakan dalam rangka pencapaian hasil sesuai target output dan outcome yang telah ditetapkan. Anggaran Ditziad TA 2018 secara umum mengalami peningkatan signifikan terutama pada belanja barang dan modal walaupun masih belum dapat memenuhi base line.

Agar Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Ditziad TA 2018 lebih terarah dan mencapai sasaran serta sesuai kebijakan pimpinan Ditziad maka perlu ditetapkan Program Kerja dan Anggaran Ditziad TA 2018 yang selanjutnya dijadikan pedoman satuan jajaran Ditziad dalam menyusun Program Kerja dan Anggaran TA 2018, yang tidak lepas pada hasil evaluasi Program Kerja Anggaran TA 2017 yang bisa dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan kinerja pada tahun 2018.

Pada tanggal 13 Februari 2018 telah dilaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Ditziad TA 2018 dengan tema “ Melalui Rakernis Satuan Jajaran Ditziad Ta 2018, Kita Wujudkan Perencanaan yang Tepat, Transparan dan Akuntable Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas Ditziad” yang dipimpin langsung oleh Direktur Zeni Angkatan Darat. Diharapkan setelah Rakernis ini semua Program Kerja Anggran Ditziad TA 2018 dapat dilaksanakan dan terserap sesuai dengan peruntukan dan bidangnya masing-masing sehingga Sasaran penggunaan anggaran tersebut sesuai yang diharapkan dalam rangka meningkatkan Kinerja Direktorat Zeni Angkatan Darat.

Proyeksi kebutuhan anggaran Ditziad tahun 2018 dipergunakan untuk mendukung Program Kegiatan dan Anggaran Ditziad yaitu:

  1. Program Dukungan Kesiapan Matra Darat;
  2. Program Modernisasi Alutsista dan Non-alutsista/Sarana dan Prasarana Matra Darat;
  3. Program Peningkatan Profesionalisme Personel Matra Darat; dan
  4. Program Penyelenggaraan Manajemen dan Operasional Matra Darat.

Sasaran Program. Mencermati dan mempertimbangkan perkembangan situasi yang akan dihadapi dalam pelaksanaan tugas-tugas Ditziad pada TA 2018, maka sasaran program yang akan dilaksanakan meliputi Program Dukungan Kesiapan Matra Darat, Program Modernisasi Alutsista dan Nonalutsista/Sarana dan Prasarana Matra Darat, Program Peningkatan Profesionalisme Personel Matra Darat dan Program Penyelenggaraan Manajemen dan Operasional Matra Darat, yang diarahkan untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan Ditziad sesuai Renstra Ditziad Tahun 2015 – 2019, dengan sasaran Program sebagai berikut:

  • Program Dukungan Kesiapan Matra Darat. Tercapainya tingkat kesiapan alutsista dan fasilitas/sarpras dalam rangka pencapaian sasaran pembinaan kekuatan dan kemampuan Ditziad menuju MEF, meliputi:

1)         Penyelenggaraan Intelijen dan Pengamanan Matra Darat;

2)         Pemeliharaan/Perawatan Non Alutsista;

3)         Penyelenggaraan Kegiatan Teritorial Matra Darat;

4)         Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Matra Darat;

5)         Pemeliharaan dan Perawatan Kesatrian dan Fasilitas Latihan/Tempur; dan

6)         Penyelenggaraan Pembinaan Potensi Nasional menjadi Kekuatan Pertahanan.

  • Program Modernisasi Alutsista dan Non Alutsista/Sarana dan Prasarana Matra Darat. Terlaksananya modernisasi dan peningkatan peralatan non-alutsista dan fasilitas/sarpras dalam rangka pencapaian sasaran pembinaan kekuatan serta kemampuan Ditziad menuju MEF, meliputi:

1)         Pengadaan/Penggantian Materiil Non Alutsista; dan

2)         Pengembangan Fasilitas Sarana dan Prasarana Matra Darat.

  • Program Peningkatan Profesionalisme Personel Matra Darat. Terwujudnya profesionalisme personel dan satuan dalam rangka pencapaian sasaran pembinaan kekuatan dan kemampuan Ditziad menuju MEF, meliputi:

1)         Latihan Matra Darat.

2)         Pendidikan Pertama Matra Darat.

3)         Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Matra Darat.

4)         Pembangunan Sarana dan Prasarana Profesionalisme Personel Matra Darat.

  • Program Penyelenggaraan Manajemen dan Operasional Matra Darat. Terlaksananya penyelenggaraan manajemen dan operasional Ditziad menuju MEF, meliputi:

1)         Penyelenggaraan Perawatan Personel Matra Darat;

2)         Penggiatan Fungsi Matra Darat;

3)         Penyelenggaraan Administrasi Personel;

4)         Pemeliharaan/Perawatan Peralatan Fungsional, Fasilitas dan Sarpras Perkantoran;

5)         Penyelenggaraan Administrasi Perbekalan dan Dukungan Bekal;

6)         Penyelenggaraan Administrasi Umum;

7)         Penyelenggaraan Administrasi Pembinaan, Perencanaan, Penganggaran dan Keuangan; dan

8)         Penyelenggaraan Pengawasan dan Pemeriksaan.

Foto Bersama Dirziad dengan Peserta Rapat Kerja Teknis Jajaran Ditziad

Foto Bersama Dirziad dengan Peserta Rapat Kerja Teknis Jajaran Ditziad

Laporan Kasubrenproggar kepada Dirziad

Peserta Rakernis menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Amanat Dirziad

Peserta Rakernis Ditziad

Peserta Rakernis Ditziad

About master

Check Also

PRE-DEPLOYMENT TRANING STAND BY MILITARY OBSERVER & MILITARY STAFF 2019-2020